Home » , » Siapkan Generasi Emas Yang Sadar Pajak Dengan Pajak Bertutur

Siapkan Generasi Emas Yang Sadar Pajak Dengan Pajak Bertutur


Program “Inklusi Kesadaran Pajak” merupakan program yang diusung oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Program tersebut merupakan usaha dari DJP bersama Kemendikbud dan Kemenristek Dikti selaku pihak yang membidangi pendidikan untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya pajak untuk kepentingan Negara dan masyarakat kepada peserta didik dan tenaga pendidik melalui integrasi materi kesadaran pajak dalam pendidikan.

Sebagai implementasi dari program tersebut, DJP akan menyelenggarakan kegiatan “Pajak Bertutur” untuk yang pertama kalinya dengan target minimal 110.000 siswa dan rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 11 Agustus 2017 mendatang. 

Program itu akan memberikan pesan kunci yang disampaikan kepada peserta dengan nilai-nilai “Berbagi dan Gotong Royong” untuk siswa Sekolah Dasar (SD), “Pajak sebagai pelaksanaan Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara” untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP), “Pajak sebagai Tulang Punggung Pembangunan” untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan “Pajak sebagai perwujudan Ipoleksosbudhankam” untuk mahasiswa Perguruan Tinggi. Apabila setiap tahun “Pajak Bertutur” dilaksanakan secara konsisten, maka tidak dapat dipungkiri lagi akan terwujud generasi emas 2045 yang sadar terhadap pentingnya akan pajak. 

Visi dari program ini sejalan dengan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud Tujuan dari PPK ini adalah mempersiapkan generasi emas 2045 yang bertaqwa, nasionalis, tangguh, mandiri, dan memiliki keunggulan bersaing secara global dengan nilai-nilai utama karakter, yaitu: Religius, Nasionalis, Mandiri, Integritas, dan Gotong Royong. 

Implementasi PPK meliputi PPK berbasis kelas, budaya sekolah, dan masyarakat. Program “Inklusi Kesadaran Pajak” juga dapat disisipkan melalui implementasi PPK ini. Salah satu implementasi PPK adalah integrasi dalam mata pelajaran, pembiasaan nilai-nilai dalam keseharian sekolah, dan melibatkan pemerintah atau akademisi. Pelaksanaan “Pajak Bertutur” ini sebagai salah satu bentuk implementasi PPK berbasis kelas, dimana memasukkan nilai-nilai kesadaran pajak di dalamnya. 

Melalui program-program tersebut, harapannya agar masyarakat Indonesia lebih mengerti dan paham akan pentingnya pengetahuan terhadap pajak dan akan terwujudnya generasi emas 2015 yang sadar dan patuh terhadap pajak. Semoga!


Sumber: Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kementerian Keuangan

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi Jadwal Training

pelatihan pajak