Home » , » Perbedaan Pajak dan Retribusi

Perbedaan Pajak dan Retribusi

Terdapat beberapa perbedaan antara Pajak dan Retribusi. Supaya dapat memahami pajak dan retribusi dengan mudah, Anda juga perlu mengetahui perbedaan di antara keduanya, diantaranya yaitu:

Pertama, yang membedakan antara pajak dan retribusi dilihat dari dasar hukum yang memayungi keduanya. Untuk pajak, dasar hukumnya adalah Undang-Undang seperti tercantum pada UU No. 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, UU No. 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan, dan UU No. 8 Tahun 1983 tentang Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Sementara dasar hukum untuk retribusi adalah adanya Peraturan Pemerintah (PP), Peraturan Menteri, atau pejabat negara yang lebih rendah. Contohnya, Peraturan Daerah (Perda) Kota Malang No. 3 Tahun 2015 tentang Retribusi Jasa Umum dan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta No. 1 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah No. 3 Tahun 2012 tentang Retribusi Daerah.

Kedua, yang membedakan antara pajak dan retribusi adalah balas jasa yang didapatkan Wajib Pajak (WP) atau masyarakat. Untuk WP sendiri, setelah melakukan pembayaran atas kewajiban pajaknya, WP tidak dapat langsung menikmati balas jasanya. Akan tetapi, dikumpulkan terlebih dahulu untuk kemudian didistribusikan untuk kepentingan umum. Sementara masyarakat yang membayar retribusi akan dapat langsung menikmati manfaat dari apa yang dibayar. Misalnya, dengan membayar uang parkir, orang tersebut berhak untuk menitipkan kendaraannya.

Ketiga, yang membedakan antara pajak dan retribusi adalah objek yang dikenakan pajak atau retribusi. Beberapa hal yang bisa dikenakan pajak adalah penghasilan, kekayaan, laba perusahaan, dan kendaraan. Sementara objek yang dikenai retribusi adalah orang-orang tertentu yang menggunakan jasa pemerintah, seperti pelayanan kesehatan, terminal, dan pelayanan pasar.

Keempat, pajak dan retribusi tidak dipungut lembaga yang sama. Untuk pembayaran pajak, Pemerintah Pusat ataupun Daerah yang langsung mengelolanya. Sementara retribusi hanya dikelola Pemerintah Daerah, yang dalam hal ini adalah Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda).

Pajak dan retribusi termasuk jenis pungutan yang dibebankan Pemerintah Pusat ataupun Daerah kepada masyarakat. Perbedaannya secara gamblang tampak pada manfaat yang dirasakan. Retribusi akan langsung dirasakan manfaatnya karena fasilitas yang disediakan Pemerintah secara langsung dirasakan pembayar retribusi. Sementara pajak digunakan untuk kepentingan yang lebih besar dan bisa jadi tidak terlihat langsung saat itu juga. Taat membayar kedua pungutan tersebut sama saja dengan turut andil dalam pembangunan Negara demi kesejahteraan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi Jadwal Training

pelatihan pajak