Home » , » Pengertian Pajak Menurut Undang- Undang No. 28 Pasal 1 Tahun 2007

Pengertian Pajak Menurut Undang- Undang No. 28 Pasal 1 Tahun 2007


“Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang sifatnya memaksa berdasarkan Undang Undang, dengan tidak mendapat timbal balik secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”.

Berikut ini adalah istilah-istilah penting yang terdapat dalam perpajakan menurut Undang-Undang No. 28 Tahun 2007 :

1. Wajib Pajak

Wajib Pajak (WP) adalah orang pribadi atau badan yang meliputi pembayar pajak, pemotong pajak, dan pemungut pajak, yang mempunyai hak dan kewajiban perpajakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

2. Pengusaha Kena Pajak (PKP)

Dalam Undang-Undang No. 28 Pasal 1 Tahun 2007 PKP adalah pengusaha yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) atau penyerahan Jasa Kena Pajak (JKP) yang dikenai pajak berdasarkan Undang-Undang Pajak Pertambahan Nilai (UU PPN) Tahun 1984 dan perubahannya.

3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Nomor Pokok Wajib Pajak adalah nomor yang diberikan kepada WP dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas WP dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

4. Masa Pajak

Masa Pajak adalah jangka waktu yang menjadi dasar bagi WP untuk menghitung, menyetor dan melaporkan pajak yang terutang dalam suatu jangka waktu tertentu sebagaimana ditentukan dalam Undang-Undang diatas.

5. Pajak Terutang

Pajak yang terutang adalah pajak yang harus dibayar pada suatu saat dalam Masa Pajak, dalam Tahun Pajak atau dalam Bagian Tahun Pajak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

6. Surat Pemberitahuan

Surat Pemberitahuan adalah surat yang oleh WP yang digunakan untuk melaporkan penghitungan/pembayaran pajak, objek pajak/bukan objek pajak, harta dan kewajiban sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

7. Surat Setoran Pajak

Surat Setoran Pajak adalah bukti pembayaran atau penyetoran pajak yang telah dilakukan
dengan menggunakan formulir atau telah dilakukan dengan cara lain ke kas negara melalui
tempat pembayaran yang ditunjuk oleh Menteri Keuangan.

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi Jadwal Training

pelatihan pajak