Home » , » Setuju kah 1% Penghasilan Kita Untuk Pajak?

Setuju kah 1% Penghasilan Kita Untuk Pajak?

info training perpajakan
Dimana saja kita tinggal dan menetap, maka disana pula terdapat aturan yang harus ditaati dari pemerintah Negara tersebut, begitu juga di Indonesia. Setiap orang yang tinggal dan menetap di Indonesia wajib patuh terhadap aturan yang berlaku, salah satunya termasuk peraturan dunia perpajakan. Hampir di setiap sudut jalan terpampang spanduk, maupun media visual yang bertuliskan “Orang Bijak Taat Pajak”. Apakah Anda salah satu dari Orang Bijak tersebut? Terutama jika Anda adalah Wajib Pajak yang juga seorang pedagang atau pengusaha.

Seperti yang tertera dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013, objek pajak yang termasuk dalam peraturan tersebut adalah atas penghasilan dari usaha yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak yang memiliki peredaran bruto tertentu, dikenai Pajak Penghasilan (PPh) yang bersifat final dengan kriteria Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP) atau Wajib Pajak Badan tidak termasuk bentuk usaha tetap dan menerima penghasilan dari usaha, tidak termasuk penghasilan dari jasa sehubungan dengan pekerjaan bebas, dengan peredaran bruto tidak melebihi Rp4.800.000.000,00 (empat miliar delapan ratus juta rupiah) dalam 1 (satu) Tahun Pajak. 

Lantas, berapakah nominal yang harus kita bayarkan jika kita termasuk dalam kriteria Wajib Pajak diatas? Hal tersebut juga sudah diatur dalam PP 46 tahun 2013. Besarnya tarif PPh 21 yang bersifat final sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 PP Nomor 46 Tahun 2013 adalah 1% untuk peredaran bruto dari usaha dalam 1 (satu) tahun dari Tahun Pajak terakhir sebelum Tahun Pajak yang bersangkutan.

Sampai saat ini Pemerintah Indonesia sudah berusaha memberikan fasilitas dan layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Kita pun sebagai warganya sudah banyak yang menikmati fasilitas yang tersedia di negri ini. Lantas, darimanakah sumber dana untuk membangun negri kita? Salah satunya biaya yang diperoleh untuk pembangunan fasilitas infrastruktur tersebut adalah dari 1% pajak yang Anda bayarkan tersebut. Setuju tidak setuju, kita sebagai warga negara Indonesia mempunyai kewajiban untuk membayar pajak karena di negri inilah kita tinggal dan mencari nafkah.

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi Jadwal Training

pelatihan pajak