Home » , » AEoI, Program yang Membuat Pengemplang Pajak Tidak Bisa Kabur

AEoI, Program yang Membuat Pengemplang Pajak Tidak Bisa Kabur

Apa Itu AEoI?

Automatic Exchange System of Information (AEoI) merupakan sebuah rencana dari negara G20 dan diinisiasi oleh Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) mengenai sistem yang mendukung adanya pertukaran informasi rekening Wajib Pajak (WP) antar negara. Dengan adanya sistem ini, WP yang telah membuka rekening di negara lain akan bisa terlacak secara langsung oleh otoritas pajak negara asalnya. AEoI merupakan standar global baru yang nantinya akan berguna untuk mengurangi peluang pengemplang pajak yang menghindari pembayaran pajak. 


AEoI bekerja sebagai pertukaran data keuangan warga negara asing yang tinggal di sebuah negara. Pertukaran data keuangan tersebut tidak dilakukan secara sembarangan, akan tetapi dilakukan antar otoritas pajak yang berwenang di setiap negara. Setiap negara yang telah bergabung dengan sistem AEoI tersebut akan mengirimkan dan menerima informasi awal setiap tahunnya tanpa harus mengajukan permintaan khusus. 

AEoI Dilaksanakan di Indonesia Mulai September 2018 

Pemerintah saat ini telah memberikan Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (PPK) yang menitikberatkan pada AEoI. Hal tersebut dilakukan sebagai cara untuk mengurangi tingkat pelanggaran pada sektor penerimaan Negara dan sebagai salah satu langkah strategis untuk memperbaiki sistem pengelolaan informasi keuangan di Indonesia. 

Sistem yang awalnya membutuhkan waktu lebih dari 200 hari dipercepat menjadi kurang dari 30 hari. Untuk mendukung hal ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menyiapkan sejumlah peraturan di sektor jasa keuangan untuk mendukung pelaksanaan AEoI yang rencananya ditargetkan mulai pada bulan September 2018. 


Selain itu, nantinya akan ada sistem baru menggunakan sistem Aplikasi Usulan Buka Rahasia Bank (AKASIA) dalam waktu hanya 10 hari. Sistem itu nantinya akan disambungkan dengan sistem Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bernama Aplikasi Buka Rahasia Bank (AKRAB). Untuk penyampaian informasi keuangan nasabah asing, OJK juga membangun sistem pelaporan yang dinamakan Sistem Penyampaian Nasabah Asing (SIPINA). 

Program AEoI menawarkan manfaat yang sangat besar, diantaranya bisa membantu negara mengungkap praktik-praktik pengemplangan pajak, meningkatkan pemasukan negara dari sektor pajak. Utamanya adalah, AEoI juga dapat meningkatkan transparansi, kooperasi, dan akuntabilitas di institusi keuangan dan pajak Indonesia yang selama ini sering dipertanyakan. Jadi, dengan adanya AEoI, semoga kedepannya pemasukan pemerintah Indonesia dapat meningkat dan pembangunan dapat berjalan dengan lancar! 

Terdapat banyak manfaat dari program AEoI tersebut, diantaranya bisa membantu negara mengungkap praktik-praktik pengemplangan pajak, meningkatkan pemasukan negara dari sektor pajak. Selain itu, AEoI juga dapat meningkatkan transparansi, kooperasi, dan akuntabilitas di institusi keuangan dan pajak Indonesia yang selama ini sering dipertanyakan. Maka dari itu, dengan adanya program AEoI tersebut, semoga kedepannya pemasukan Negara kita dapat meningkat dan pembangunan dapat berjalan dengan lancar! Semoga!

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi Jadwal Training

pelatihan pajak