Home » » Apa Kata Pejabat Tentang Wacana Tax Amnesty

Apa Kata Pejabat Tentang Wacana Tax Amnesty

Sigit Priadi Pramudito, Direktur Jenderal Pajak, pemerintah terpaksa memilih strategi ini akibat banyak dana orang Indonesia yang tersimpan di luar negeri, seperti Singapura, Makau, hingga Hongkong, meski belum memiliki data yang valid (kompas.com 20/07/2015); Fadel Muhammad, ketua komisi XI DPR RI, minta agar pemerintah segera mengajukan revisi UU KUP agar bisa segera dibahas. Kalau bisa berlaku Oktober 2015 kata Maruarar Sirait yang juga anggota Komisi XI (kompas.com 20/07/2015).


Menurut Fadel dengan berlakunya tax amnesty ini ada pertambahan pendapatan dari pajak yang ada di luar negeri (republika.co.id 01/06/2015); Kejaksaan Agung dalam financial.bisnis.com 12/06/2015 menyatakan “minta pemerintah mengkaji kembali gagasan untuk menerapkan pengampunan pajak atau tax amnesty kepada pelaku korupsi. 

 Ketua Panitia Kerja (Panja) Penerimaan Negara Komisi XI, Jon Erijal, mengatakan bahwa wacana bahwa tax amnesty bisa masuk dalam substansi revisi UU KUP. Menurutnya, tax amnesty dinilai ampuh untuk menarik kembali dana milik warga negara Indonesia yang selama ini terparkir di luar negeri (hukumonline.com 06/05/2015). 

Menurut Andhi Nirwanto, Wakil Jaksa Agung tax amnesty bukan satu-satunya solusi untuk menarik pajak dari pelaku tindak pidana korupsi yang melarikan dananya ke luar negeri langsung diberi pengampunan, kita akan pelajari nanti akan kita pelajari juga wacana tersebut. Wakil Ketua Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Agus Santoso, mengatakan, PPATK akan menolak kebijakan ini. 

Sebab sudah ada stuan tugas (satgas) pengejar penjahat pajak, satgas pemburu koruptor, dan aset recovery yang mengejar hasil kejahatan, termasuk dana korupsi yang dilarikan ke luar negeri. Jika special tax amnesty berjalan, ini seperti “karpet merah” bagi pembebasan koruptor. Ini kebijakan tak equal, tak mendidik, dan tak membangun integritas bangsa, ujar Agus sebagaimana ditulis oleh kompas.com 20/07/2015. 

Bambang Brodjonegoro, Menteri Keuangan belum mau berbicara banyak soal rencana ini. “Prosesnya masih panjang, kita upayakan yang terbaik” katanya kepada Jakartagreater.com 20/05/2015.

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi Jadwal Training

pelatihan pajak